EBOOK KURIKULUM KTSP 2006, TERBITAN TAHUN 2008-2009

JUMLAH BUKU DALAM DVD-BSE: 1119 DARI 1331 (YANG TELAH DIUPLOAD DI WEBSITE KEMDIKBUD).

Dapatkan DVD-BSE dengan harga Terjangkau di DVD-BSE WEBSITE. Lebih praktis, Lebih hemat biaya, tidak susah-susah Download di internet. DAN PASTI PUAS. Berminat?? Klik di DVD-BSE atau Hubungi 081338153217

Dan Dapatkan Pula DVD BSE Kurikulum 2013 sebagai bonus pembelian DVD BSE paket Komplit.

Cari Blog Ini

BSE: EMPAT FORMAT BUKU TEKS LAYAK PAKAI

EMPAT FORMAT BUKU TEKS LAYAK PAKAI

oleh Ikhsanudin

Program Buku Murah yang dijalankan Departemen Pendidikan Nasional pada kurun 2005 – 2009 dimaksudkan menyediakan buku teks bermutu setiap mata pelajaran dan dapat diperoleh atau dijangkau oleh setiap guru dan murid di seluruh Indonesia dengan harga murah. Caranya sebagai berikut.

  1. Untuk menjamin mutu, Pemerintah menyelenggarakan penilaian terhadap buku-buku teks dan mengumumkan hasilnya kepada masyarakat.
  2. Untuk menjamin harga, Pemerintah membeli hak cipta buku-buku yang lolol penilaian (dinyatakan layak oleh Meteri) dan memersilakan semua pihak mencetak dalam jumlah besar maupun kecil secara gratis.
  3. Untuk menjamin akses, Pemerintah mengunggah (upload) buku-buku yang hak ciptanya telah dibeli ke laman internet.
  4. Untuk menjamin kedemokratisan, Pemerintah tidak memaksa penulis/penerbit menjual bukunya dan memersilakan peneribitannya tanpa campur tangan Pemerintah jika mereka menghendaki.
Buku-buku yang hak ciptanya telah dimiliki (dibeli) Pemerintah tersedia dalam tiga bentuk, yang semuanya dinamai Buku Sekolah Elektronik (BSE), yaitu: BSE Internet, BSE CD, dan BSE Cetak atau Buku Murah. Buku-buku teks yang lolos dalam penilaian tetapi tidak dijual kepada atau dibeli oleh Pemerintah diterbitkan hanya dalam bentuk cetakan di atas kertas (konvesional) dan disebut Buku Layak atau Buku Teks Layak. Keempat bentuk buku tersebut masing-masing dijelaskan sebagai berikut.
  1. BSE Internet adalah buku teks layak (bermutu) yang diunggah ke internet sengan maksud dapat diunduh oleh siapa pun baik untuk dibaca di computer maupun untuk dicetak dalam jumlah terbatas. Buku jenis ini disediakan untuk mengantisipasi keterbatasaan sediaan buku cetak di pasar. Sampai saat ini telah tersedia 940 judul BSE Internet yang dapat diakses oleh masyarakat.
  2. BSE CD adalah buku layak (bermutu) yang isinya sama-persis dengan BSE Internet namun disediakan dalam bentuk cakram padat (compact disk). BSE CD disediakan dengan maksud agar  percetakan, penerbit, Pemerintah Provinsi, Pemerintah kabupaten/Kota, dan pihak-pihak lain yang tergerak membantu penyediaan buku teks dapat menggandakannya baik dalam bentuk Buku Murah atau BSE Cetak maupun dalam bentuk data elektronik (ke dalam hard disk, flash disk, floppy disk, CD, dsb.) secara masal. Jumlah judul/jilid BSE CD sama persis dengan jumlah BSE Internet.
  3. BSE Cetak adalah buku teks layak (bermutu) yang isinya sama-persis dengan BSE Internet maupun BSE CD namun disediakan dalam bentuk cetakan di atas kertas dalam bentuk buku konvensional. Singkatnya, BSE Cetak adalah BSE CD yang dicetak. Karena hak ciptanya dimiliki Pemerintah, harga jual eceran tertingginya (HET-nya) ditentukan oleh Pemerintah. HET rata-rata BSE Cetak berkisar dari Rp 6.000,- sampai Rp 20.000,-. Karena harganya terjangkau, BSE Cetak juga disebut Buku Murah atau Buku Teks Murah. Setiap orang atau badan hukum di Indonesia diperbolehkan mencetaknya berapa pun jumlahnya (baik untuk kepentingan sendiri maupun untuk dijual di pasar) namun harus mencantumkan beberapa hal yang dipersyaratkan, yaitu: (a) harga eceran tertinggi; (b) logo BSE; dan (3) keterangan bahwa hak cipta buku tersebut dimiliki oleh Pemerintah.
  4. Buku Layak atau Buku Teks Layak adalah buku yang telah lolos penilaian dan dinyatakan layak oleh Menteri namun hak ciptanyanya tidak dijual kepada atau dibeli oleh Pemerintah. Buku tersebut diperbanyak, didistribusikan, dan dijual kepada masyarakat oleh penerbit, distributor, dan toko buku secara mandiri. Pemerintah tidak ikut serta dalam proses penentuan harga jual buku-buku tersebut.
Sumber: http://semriwing.wordpress.com/bse/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar