EBOOK KURIKULUM KTSP 2006, TERBITAN TAHUN 2008-2009

JUMLAH BUKU DALAM DVD-BSE: 1119 DARI 1331 (YANG TELAH DIUPLOAD DI WEBSITE KEMDIKBUD).

Dapatkan DVD-BSE dengan harga Terjangkau di DVD-BSE WEBSITE. Lebih praktis, Lebih hemat biaya, tidak susah-susah Download di internet. DAN PASTI PUAS. Berminat?? Klik di DVD-BSE atau Hubungi 081338153217

Dan Dapatkan Pula DVD BSE Kurikulum 2013 sebagai bonus pembelian DVD BSE paket Komplit.

Cari Blog Ini

BSE: Ebook sebagai Alternatif Solusi Mahalnya Buku

Ebook sebagai Alternatif Solusi Mahalnya Buku
"Mendiknas memperkirakan, harga cetak buku tidak akan melampaui Rp.8.000,00 per buku. Sekarang ini, kata dia, harga buku-buku untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs rata-rata Rp.25.000,00. "Jadi harga buku itu menjadi sepertiganya saja."
(Ref: http://www.depdiknas.go.id)
Kenyataan Bagaimana?


Saran-Saran dari MailingListPendidikanNetwork
Wed Jul 2, 2008 12:38 pm
"Asep Suhendar" asepsuhendar07@gmail.com
MailingListPendidikanNetwork@yahoogroups.com



BSE depdiknas beneran apa bohong?

Selamat siang Rekan MailingListPendidikanNetwork,

Pada hari Rabu 2 Juli 2008 saya mengakses situs http://bse.depdiknas.go.id untuk mendownload buku pelajaran Matematika SMP, namun setiap kali mendownload buku setelah mengisikan identitas yang keluar cuma menu “Kembali”, saya coba berkali-kali hasilnya tetap sama, tidak ada kelanjutannya.

Untuk itu saya mohon bantuan dari Rekan milis yang mempunyai pengalaman download buku di bse.depdiknas, apakah ini saya yang salah, atau situs bse-nya lagi error atau iklan di tv bohong (masa sih mesti saya yang salah)?

Sekali lagi mohon bantuan rekan milis.

Oh iya info sedikit.. ada banyak link pembelajaran B. Inggris, infonya ada di http://rombel.net ruang English Laboratory.

Asep Suhendar

http://asepsuhendar.info
MailingListPendidikanNetwork@yahoogroups.com


From: "prekdale" prekdale@yahoo.com
MailingListPendidikanNetwork-owner@yahoogroups.com

Yth. Asep Suhendar,

Hari pertama saya coba masuk ke halaman http://bse.depdiknas.go.id saja beberapa kali saya gagal. Saya kira Internet atau server lagi lambat.

Hari berikut saya dapat membaca http://bse.depdiknas.go.id tetapi saya tidak coba dowload karena prosesnya kelihatannya akan membuat capai (dan saya hanya ingin melihat caranya saja).

Terus terang, saya kurang tertarik dengan sistem EBook ini karena saya takut buku online hanya akan membesarkan jaraknya antara yang punya dan yang tidak punya (hanya berguna untuk sebagian kecil masyarakat [kalau berguna]).
http://pendidikan.net/journalpendidikan.html#bukuonline

Salam Pendidikan

Phillip R.

From: "yan yacoeb" yan_yacoeb@yahoo.com


wah, itu sih emang ga bisa kebaca pa' datanya. mungkin ada kode khusus kali dari diknasnya. ato ga emg sebenar nya kuatir disalah gunakan juga jd blom bener2 disebar luaskan u/ publik. ato ga data master nya lom kelar kaliu/ diarsipkan ...

Re: BSE depdiknas beneran apa bohong?
Friday, July 4, 2008 2:25 AM
From: "janbsc_sby" janbsc_sby@yahoo.com

Yth.Teman-teman milist yan peduli pendidikan di tempat.

Kejadian yang dialami oleh bapak Suhendar sama dengan yang saya alami, sampai-sampai saya mencoba untuk ngenat di warnet, mungkin spedy dirumah yang lambat! eh.... ternyata setelah di warnet dan membuka situs "bse.depdiknas.go.id" hasilya juga sama yaitu sama- sama tidak bisa dibuka atau di douwnload, saya tanya sama yang jaga warnetnya ,saya yang salah atau memang situsnya yang tidak dapat dibuka,yang jagapun geleng kepala.

Nah sekarang timbul pertanyaan,apakah pemerintah ini mau main-main dengan rakyatnya,katanya buku gratis karena hak ciptanya sudah di beli pemerintah,dan masyarakat dapat mengakses lewat internet,tapi kenyataanya sampai sekarang banyak yang kesulitan untuk mengakses,kalau begini caranya bagaimana kita dapat maju ?

Baik, sekarang coba kita positif thingking sama pemerintah terutama depdiknas, kalau semua buku lewat internet apakah semua wali murid dapat menggunakan internet terutama yang perada di daerah yang tidak ada jaringan internetnya,kira-kira logis tidak jalan pikiran pemerintah ini ? contoh sederhana saja di kelurahan tempat aku mengajar jaitu kelurahan Bulak Banteng,Kecamatan Kenjeran Surabaya,belum ada warnet yang buka,itu yang masih di kota Surabaya,belum lagi di daerah yang terpencil lainya.

Oh.... mengapa sekolah yang sudah susah ini tambah di bikin susah ? Mengapa kao tidak langsung saja seperti zaman tahun 75'an meskipun sekolah sulit tapi buku-buku dapat pinjam di perpustakaan sekolah,saya kira ini adalah sesuatu yang mudah tetapi di bikin sulit.

Teman-teman milist yang saya hormati,kalau teman-teman sudah ada yang mendwounload Buku Sekolah Elektronik tolong bagi-bagi ilmunya.

Sekian terima kasih.
Hormat Kami

Janny .M

From: "Khatib A. Latief" kalatief@gmail.com
MailingListPendidikanNetwork@yahoogroups.com

Dear sahabat-sahabat semua,

Saya berhasil mendownload buku Matematik 5. Namun memang agak lambat; selesai download mulai dari cover depan sampai belakang total waktu yang diperlukan 30 menit. Yang menark tentu kalau buku ini kita download hanya untuk digunakan anak sendiri atau adik atau hanya untuk satu buku, lalu kemudian di print, maka internet dan print out jauh lebih mahal dari harga buku yang dicetak penerbit.

Print full color dengan kertas lux di Aceh satu lembar Rp.10.000.-. At least kita print out color cover depan dan belakang, sudah Rp.20.000.- Print out black and white satu halaman line spacing double timbal balik Rp.800.- Buku Matematik yang download beberapa hari yang lalu total halaman termasuk pengantar dan semuanya 289 halaman. Dengan demikian biaya yang diperlukan semuanya adalah cover Rp.20.000 + Rp.115600 (print halaman 144 (289/2) x Rp.800) = Rp135.000.- Saya pikir harga buku cetak juga tidak jauh beda dengan ini. Gimana ini?

Re: BSE depdiknas beneran apa bohong?
Friday, July 4, 2008 4:19 PM
From: "vaandhaa" vaandhaa@yahoo.com

Yth rekan-rekan.

Kelihatannya ide pemerintah itu baik, namun:
- tentu file2 (buku/pdf) ukurannya besar
- tidak semua sekolah connect to internet
- sulit untuk di download
.

Saran:
- pemerintah membuat mirror servernya, misal: di Pekan Baru (untuk Sumatera), Ujungpandang (untuk Indonesia Tengah), Mataram, untuk bagian timur, sehingga beban server tidak berat.
- Cara lain, copy aja file2 buku2 tersebut ke dalam CD (700MB)/DVD (4,3 GB), lalu kirim ke masing2 Diknas Propinsi dan Kabupaten. Lalu tinggal copy CD/DVD nya di sekolah2. Dananya? sekalian aja kirim CD/DVD blanknya. Lagi pula CD blank cuma Rp. 1.500,- gak perlu nunggu dari pemerintah.

Salam, http://vandha.wordpress.com

Friday, July 4, 2008 7:15 PM
From: "erus effendi" erus28@yahoo.com
MailingListPendidikanNetwork@yahoogroups.com


salam untuk semua,

ini sebenarnya yang saya sendiri pun sangat dikeluhkan.... mungkin maaf jika saya berbicara agak berapi-api... kenapa dinegara ini selalu membuat atau ada celah... yaitu kesempatan... alangkah baiknya buku yang sudah dipubliskan selain disebarkan lewat internet alangkah baiknya dibuat kepingan dalam cd dan sebarkan secara luas melalui toko buku, perpustakaan bahkan kalo bisa warnet.

yang saat ini dilakukan hanya diberikan kepada undangan khusus yang hadir kediknas melalui perwakilan katanya (saya mengutip berita di kompas beberapa minggu yang lalu).

berapa lama tuh sampai ke pihak yang membutuhkan... apalagi diperkuat jika dokumen tersebut pun sampai sekolah mungkin sekolah perlu menunggu biaya dulu untuk membuat cetakannya.

saya berharap melalui seperti jaringan mailing list ini bisa dimanfaatkan dan bisa mendapatkan file dan itu mungkin cepat sampai ke masyarakat kecil melalui member kita ini. saya yakin kita semua bisa membantu pemerintah untuk mencerdaskan bangsa.

seharusnya jaringan mailing list ini perlu disampaikan ke diknas bahwa berita dan informasi yang sifatnya ingin sampai dengan cepat kepelosok negeri gunakan mailing list ini.

mudah-mudahan ini bisa menjadi jalan keluar dan saya yakin yang dilakukan diknas adalah penuh kejujuran dan tanggungjawab... untuk itu kepada team administrator jika memang mailing list ini belum terdaftar dan diketahui diknas mohon kesediaanya menyampaikan berita ini.

saya mencoba membuat link melalui blog saya http://komppos1.multiply.com/links/item/3/Buku_Pelajaran_Digital

mengenai alamat BUKU ELEKTRONIK dari alamat dibawah ini :
http://bse.depdiknas.go.id/

salam

erus
librarian

depdiknas beneran apa bohong?
Saturday, July 5, 2008 9:15 AM
From: "pandapotan harahap" vaandhaa@yahoo.com
To: MailingListPendidikanNetwork@yahoogroups.com

solusi yang mungkin:
- CD/DVD file2nya kirim aja ke tiap kabupaten
- printer (kalo bisa laser) disiapkan di tiap sekolah
- CD/DVD blank (bisa juga) disiapkan di sekolah2, atau sekolah beli sendiri
- Copy aja CD/DVD nya. Siswa yang butuh silakan bawa CD/DVD blanknya masing2.
gampang kan.........?
Re: BSE depdiknas beneran apa bohong?
Sunday, July 6, 2008 1:45 AM
From: "sheila syarah" sheilabluealamanda@yahoo.com

Saya setuju bgt dg pendapat Anda. Ebook hanya akan menambah jarak yg sdh terbentang. Apalagi mengingat blm smua siswa atau lapisan masyarakat yg menguasai internet. Indonesia membutuhkan sistem pendidikan yg mencerdaskan bangsa sbg generasi penerus bangsa. Buku sbg modal penting dlm pendidikan, jgn dianggap enteng keberadaannya. Saya sbnrnya setuju sekali dg program dmulai dr diri kita sendiri..membagikan satu buku kepada satu orang. Mgkn, itu akan lbh kena atau menyentuh setiap orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar